Minggu, 19 Januari 2020

Dinar Candy Minum Susu Sapi Mentah, Amankah untuk Kesehatan?

Dinar Candy baru-baru ini menunjukkan caranya minum susu murni langsung dari sapi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Dinar Candy (Suara.com/Evi Ariska)
Dinar Candy (Suara.com/Evi Ariska)

Himedik.com - Beberapa waktu lalu, Dinar Candy mengunggah video sedang minum susu sapi murni dengan cara tak biasa. Dinar Candy mencoba minum susu murni langsung dari sapinya yang dipamerkan melalui Instagram.

Dalam video, tampak seorang pria membantu memeras susu sapi. Lalu, Dinar Candy yang berada di samping pria tersebut langsung membuka mulut dan meminum susu sapi itu.

"Susu murni mantap!!" tulis Dinar Candy di Instagram.

Aksi Dinar Candy minum susu langsung dari sapi tanpa proses pengolahan tentu mengundang perhatian publik. Anda mungkin bertanya-tanya, apakah minum susu sapi segar tanpa proses pengolahan atau masih mentah tak berbahaya?

Perlu dipahami, susu sapi mentah artinya susu baru saja diperah dan belum melalui proses pengolahan. Sebenarnya, melansir Hello Sehat, susu sapi yang belum diperah masih bersifat steril dari bakteri dan kotoran.

Namun, proses pemerahan membuat susu sapi bisa saja terkontaminasi bakteri dari kulit, feses sapi, peralatan perah, tangan pemerah, dan tempat penyimpanan susu.

Dinar Candy minum susu sapi mentah (Instagram/@dinar_candy)
Dinar Candy minum susu sapi mentah (Instagram/@dinar_candy)

Namun, banyak yang mengklaim kalau susu sapi mentah mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan susu hasil pasteurisasi. Susu sapi murni kaya kandungan nutrisi, air dan memiliki tingkat keasaman yang netral.

Kondisi itulah yang membuat susu sapi mentah bisa menjadi tempat ideal bagi bakteri berkembang biak. Bakteri berbahaya yang terdapat dalam susu sapi mentah ini termasuk salmonella, e. coli, campylobacter, s.aureus, yersinia enterocolitica dan listeria monocytogenes.

Sejumlah bakteri tersebut akan mati ketika susu sapi segar dipanaskan atau melalui proses pasteurisasi. Jika tidak, bakteri dalam susu sapi mentah bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Adapun masalah kesehatan yang paling umum seperti keracunan makanan. Gejalanya bisa berupa mual, muntah, diare, nyeri perut, demam, dan dehidrasi.

Ilustrasi susu - (Pixabay/Imoflow)
Ilustrasi susu - (Pixabay/Imoflow)

Bahaya minum susu mentah juga lebih berisiko pada anak-anak, lansia, wanita hamil dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Susu sapi mentah bisa berbahaya bagi wanita hamil karena mengandung bakteri listeria. Bakteri tersebut bisa menyebabkan penyakit pada janin, keguguran hingga kematian bayi yang baru lahir.

Bahkan, wanita hamil bisa juga mengalami gangguan kesehatan dan komplikasi kehamilan akibat infeksi bakteri tersebut. Karena itu, Anda khususnya wanita hamil tidak disarankan minum susu sapi yang masih mentah.

Terkait

Terkini