Wanita

Kandungan Curcumin dalam Kunyit Sangat Bagus untuk Penderita PCOS!

Kunyit dapat berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Kunyit. (pixabay/stevepb)
Kunyit. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Penyebab dari sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS) menurut peneliti dinilai masih rumit, Tapi, kata mereka, faktor kuncinya adalah resistensi insulin dan regulasi hormon.

Gejala dari PCOS ini meliputi adanya kista ovarium, menstruasi tidak teratur, tumbuh jerawat, rambut menipis, dan penambahan berat badan.

Penderita mungkin dapat mengelola faktor-faktor tersebut dan meringankan gejalanya melalui perubahan gaya hidup atau suplemen makanan, menurut Healthline.

Salah satu rempah yang dinilai bagus untuk penderita PCOS adalah kunyit.

Berdasarkan PCOS.com, curcumin di dalam kunyit yang memberikan warna oren terang, dapat bertindak sebagai sumber estrogen alami. Selain itu, curcumin dapat meniru aktivitas hormon yang bermanfaat untuk mengatur menstruasi serta kesuburan.

Ilustrasi PCOS (Shutterstock)

Di samping itu, curcumin dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan depresi dengan merangsang produksi serotonin dan dopamin di dalam otak.

Kunyit juga menawarkan banyak antioksidan yang mengurangi radikal bebas sambil secara alami meningkatkan enzim antioksidan itu sendiri di dalam tubuh.

Bumbu dapur ini dapat digunakan sebagai detoksifikasi. Dengan merangsang empedu di kantong empedu, hati Anda kemudian secara efektif dapat menghilangkan kelebihan androgen dan estrogen, bersama dengan racun dari dalam tubuh.

Mengurangi racun ini dapat menyebabkan keseimbangan hormon yang lebih baik.

Tetapi sebelum Anda mencoba pengobatan alternatif, ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk mengetahui kemungkinan dosis, efek samping dan interaksi pengobatan di dalam tubuh.

 

Berita Terkait

Berita Terkini