Wanita

Akibat Vape, Gadis Ini Curhat Bagaimana Paru-parunya Jadi Rusak

Selain rokok, vape sekarang sudah dinilai memiliki dampak berbahaya bagi penggunanya.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi merokok. (pixabay/saibo)
Ilustrasi merokok. (pixabay/saibo)

Himedik.com - Gadis berusia 19 asal Maryland bernama Claire Chung, harus berjuang melawan penyakit paru-paru akibat pemakaian vape. Berdasarkan hasil tes medis, asap dari vape hampir merusak semua jaringan paru-parunya.

Awalnya ia mengalami demam setinggi 40 derajat Celcius secara selama berminggu-minggu lamanya. Saat pagi menjelang Hari Natal, gadis ini malah harus dilarikan ke rumah sakit.

Chung dan orangtuanya mengira ia hanya menderita flu biasa karena ia tidak mengalami gejala lain selain demam. Sehingga Chung hanya mengonsumsi obat penurun demam yang dijual bebas.

Karena merasa demamnya tak kunjung sembuh, Chung pun menjalani serangkaian pemeriksaan. Mulai dari malaria hingga penyakit autoimun.

"Setelah menduga aku terinfeksi malaria, penyakit autoimun, dan tes-tes lainnya, mereka menduga aku menderita pneumonia yang dilihat dari hasil pemeriksaan x-ray dadaku, di area paru-paru kiri paling bawah," tulis Chung dalam unggahannya, Senin (30/12/2019).

Penyakit paru-paru yang diderita Chung (Instagram/ clairechunggg)
Penyakit paru-paru yang diderita Chung (Instagram/ clairechunggg)

Selama dirawat di rumah sakit Chung diberi antibiotik dan cairan infus. Ia juga masih diharuskan menjalani serangkaian tes lain untuk menemukan diagnosis yang tepat.

Hingga ia melihat hasil CT Scan-nya. Ia mengatakan, "itu memperlihatkan hasil yang sangat mengganggu."

Ternyata paru-paru Chung sudah berkabut dan ada titik-titik putih di tengahnya. Seluruhnya menutupi kedua paru-paru.

"Aku dibawa dengan ambulan untuk dirawat di perawatan yang lebih intensif. Mereka tidak dapat menentukan apakah scan menunjukkan adanya cairan, darah, bakteri, infeksi, dll. Sehingga mereka (dokter) masih tidak bisa benar-baner mengobati penyebab gejalaku," tambahnya.

Chung, yang dirawat di Rumah Sakit Holy Cross, menjalani lebih banyak tes termasuk bronkoskopi, yang akhirnya mengungkapkan penyebab paru-parunya rusak.

Penyakit paru-paru yang diderita Chung (Instagram/ clairechunggg)
Penyakit paru-paru yang diderita Chung (Instagram/ clairechunggg)

"Setelah melakukan lebih banyak tes dan bronkoskopi, akhirnya ditentukan bahwa tidak ada infeksi dan jaringan paru-paruku benar-benar hancur akibat menggunakan vape dan minyak kartrid," ujarnya.

Chung mengaku tujuan dari unggahannya ini adalah untuk memperingatkan orang lain akan dampak penggunaan vape yang hingga saat ini masih banyak dilakukan orang-orang.

"Hanya karena kau tidak merasakannya bukan berarti ini tidak terjadi. Kau tidak memahami penyesalannya sampai dokter menatap wajahmu dan memberi tahu apakah mereka bisa menyelamatkan hidupmu," tandasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini