Sabtu, 18 Januari 2020

Baim Wong Mau Tambah Anak, Apa Risikonya Hamil Cepat Usai Operasi Caesar?

Belum ada sebulan anak pertamanya lahir, Baim Wong sudah ingin tambah anak lagi bersama Paula Verhoeven.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Baim Wong dan Paula Verhoeven [Suara.com/Evi Ariska]
Baim Wong dan Paula Verhoeven [Suara.com/Evi Ariska]

Himedik.com - Belum ada sebulan, Paula Verhoeven, istri Baim Wong melahirkan anak pertama mereka. Tetapi, Baim Wong justru sudah berencana ingin menambah momongan.

Padahal Paula Verhoeven melahirkan anak pertama mereka melalui operasi caesar. Tetapi, Baim Wong sudah berkonsultasi kepada dokter mengenai waktu yang tepat untuk menambah momongan.

Menurut dokter kandungan, Paula Verhoeven diperbolehkan hamil lagi setelah 3 bulan, yakni sekitar Maret 2020. Bahkan Baim Wong menjahili Paula Verhoeven bahwa ia ingin menambah 3 sampai 5 anak lagi.

Seperti yang Anda ketahui, wanita yang melahirkan caesar memang tidak disarankan langsung hamil lagi setelah melahirkan. Mereka membutuhkan beberapa waktu untuk menunggu luka operasi caesar sudah mengering dan membaik.

Biasanya, ibu melahirkan caesar membutuhkan waktu 6 bulan untuk hamil lagi. Bahkan rentang waktu 1 tahun juga jauh lebih baik untuk kehamilan berikutnya.

Meski begitu, bukan berarti ibu melahirkan caesar tidak boleh hamil di bawah 6 bulan setelah operasi caesar. Tetapi, hal ini tentu memberikan risiko tersendiri pada ibu hamil.

Sebuah penelitian yang dilansir oleh Parents, menunjukkan bahwa hamil kurang dari 6 bulan setelah operasi caesar dapat meningkatkan risiko komplikasi, seperti rahim yang pecah atau berat badan bayi lahir rendah.

Baim Wong dan Paula Verhoeven saat menggelar akikah Kiano Tiger Wong [Suara.com/Evi Ariska]
Baim Wong dan Paula Verhoeven saat menggelar akikah Kiano Tiger Wong [Suara.com/Evi Ariska]

Jika Anda ingin melahirkan secara normal pada kehamilan berikutnya, maka Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil setelah operasi caesar.

Sementara itu dilansir oleh Hello Sehat, wanita yang hamil terlalu cepat setelah melahirkan caesar berisiko mengalami keguguran dan bayi lahir prematur. Adapun komplikasi lainnya yang berisiko pada janin dan ibunya yakni:

1. Plasenta previa, plasenta yang menempel pada dinding rahim bagian bawah sehingga menghalangi jalan lahir bayi.

2. Abrupsio plasenta, sebagian atau seluruh plasenta terpisah dari dinding rahim sebelum melahirkan sehingga mengakibatkan perdarahan berat saat hamil.

3. Ruptur uteri, rahim sobek yang diakibatkan karena luka bekas jahitan caesar robek atau terbuka kembali.

Terkait

Terkini