Wanita

Produksi ASI Anissa Aziza Sempat Tak Lancar, Berikut 5 Cara Melancarkan ASI

Masalah produksi ASI mendadak tidak lancar sering dialami oleh ibu menyusui.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilsutrasi menyusui bayi - (Shutterstock)
Ilsutrasi menyusui bayi - (Shutterstock)

Himedik.com - Anissa Aziza, istri Raditya Dika baru-baru menceritakan keluh kesahnya selama mengASIhi anaknya, Alea. Melalui IG Story, Anissa Aziza mengaku sempat mengalami kesulitan dalam produksi ASI.

Hal ini pun sempat membuat Anissa Aziza merasa sedih karena melihat anaknya membutuhkan ASI.

"Jadi mama nisa itu bukan tipe mama yang produksi ASInya berlimpah. Dibilang kurang, nggak. Dibilang banyak juga nggak, Alhamdulillah cukup buat Alea sampai kenyang," tulisnya di story Instagram

Di sisi lain, Anissa Aziza juga kebingungan membuat produksi ASI-nya lancar karena sempat tidak percaya dengan ASI booster.

"Tapi ternyata tubuh dan pikiran kita bertindak lain, Ada kalanya aku tiba-tiba drop, belum lagi situasi dan kondisi lain yang kadang bikin aku sedih atau stres dan semua itu berpengaruh sekali terhadap produksi ASI jadi berkurang. Stres? ya, tentu saja," lanjutnya.

Setiap ibu menyusui pasti ingin memberikan ASI yang cukup untuk memenuhi anaknya. Tetapi, masalah produksi ASI mendadak tidak lancar sering dialami oleh ibu menyusui.

Kondisi ini sudah pasti membuat ibu menyusui sedih dan stres untuk mengASIhi. Padahal pikiran juga bisa memengaruhi produksi ASI makin tidak lancar.

Anissa Aziza sempat memiliki masalah dengan produksi ASI (Instagram/@anissaaziza)
Anissa Aziza sempat memiliki masalah dengan produksi ASI (Instagram/@anissaaziza)

Jika Anda bukan ibu menyusi yang suka mengonsumsi ASI booster. Anda mungkin bisa melakukan beberapa tips seperti yang dilansir oleh Hello Sehat, untuk melancarkan ASI secara alami:

1. Rutin memompa ASI

Ketika bayi sudah kenyang menyusu tapi payudara terasa kencang, sebaiknya Anda mengeluarkannya dengan cara dipompa. Karena, rasa kencang di payudara menandakan bahwa ASI belum sepenuhnya habis.

Cara ini juga bisa membantu produksi ASI lebih lancar, karena semakin banyak permintaan maka semakin banyak produksi ASI ibu.

2. MengASIhi dengan kedua payudara bergantian

Cobalah untuk menyusui bayi dengan payudara kiri dan kanan secara bergantian. Karena cara menyusui bergantian payudara ini bisa membantu memperlancar produksi ASI.

Tapi, jangan paksa bayi untuk berpindah menyusu dari payudara kiri ke kanan atau sebaliknya. Biarkan bayi menyusu di satu payudara dan melepasnya sendiri, lalu pindahkan ke payudara satunya jika belum kenyang.

Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)

3. Perbanyak istirahat

Pastikan ibu menyusui selalu istirahat cukup, karena kurang istirahat juga memengaruhi produksi ASI. Jika perlu, Anda bisa ikut tidur selama bayi sedang tidur.

4. Konsumsi makanan yang meningkatkan jumlah ASI

Makanan bergizi sangat perlu dipertimbangkan oleh ibu menyusui karena akan memengaruhi kualitas ASInya. Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang bisa meningkatakn produksi ASI.

Adapun makanan yang bisa memperbanyak dan memperlancar produksi ASI, seperti oatmeal, bawang putih, aneka jenis sayuran berdaun gelap dan biji wijen.

5. Pijat payudara

Anda juga bisa melakukan pijat payudara untuk memperlancar produksi ASI. Teknik pijak untuk memperbanyak produksi ASi bisa dimulai dari sisi luar payudara ke arah dalam. Anda bisa melakukan pijat payudara selama menyusui, asalkan tidak sampai area puting.

Berita Terkait

Berita Terkini