Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 27 Mei 2020

Menstrual Cup Bisa Sebabkan Prolaps Organ Panggul Jika Pemasangannya Salah

Prolaps organ panggul terjadi ketika kelompok otot dan jaringan yang biasanya menyangga organ panggul, menjadi melemah dan tidak dapat menahan organ di tempatnya dengan kuat.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Menstrual cup. (Pixabay)
Menstrual cup. (Pixabay)

Himedik.com - Penggunaan menstrual cup kini menjadi makin populer di kalangan wanita. Selain simpel, ia dianggap lebih ramah lingkungan karena sifatnya yang reusable.

Meski demikian, para ahli memperingatkan apabila menstrual cup tidak digunakan dengan benar dapat menyebabkan efek samping potensial, yakni prolaps organ panggul.

Dilansir dari Daily Mail, kondisi ini terjadi ketika otot-otot panggul melemah dan tidak bisa lagi menopang organ, menyebabkan mereka menonjol keluar vagina dengan menyakitkan.

Chartered Society of Physiotherapy mengatakan instruksi untuk menggunakan menstrual cup tidak jelas dan bertentangan dengan saran untuk mencegah prolaps organ panggul.

Kemasan menyarankan mendorong otot-otot dasar panggul ke arah pembukaan vagina di mana wanita bisa mengeluarkannya.

Badan tersebut telah meminta produsen untuk memasukkan saran keselamatan yang lebih baik dan mengatakan bahwa menstrual cup harus diatur dengan baik.

Menstrual cup, cawan menstruasi [shutterstock]
Menstrual cup, cawan menstruasi [shutterstock]

Fisioterapis Kate Lough mengatakan kepada BBC, "Setelah melihat beberapa informasi pada beberapa cup, terutama informasi tentang mengeluarkan cup itu tidak benar dan sulit dimengerti. Menggunakan otot dasar panggul untuk menurunkan cangkir di vagina adalah tidak benar."

"Menopang cup untuk mendorongnya ke dalam jangkauan jari-jari Anda bukanlah saran dasar panggul yang baik. Itu bertentangan dengan saran yang akan diberikan wanita untuk menghindari kejatuhan," jelasnya mereka.

Dua wanita mengatakan kepada program penyiar Victoria Derbyshire bahwa mereka menderita prolaps organ panggul minor setelah menggunakan menstrual cup.

Prolaps organ panggul digambarkan oleh NHS sebagai ketika satu atau lebih organ dalam panggul terlepas dari posisi normalnya dan membesar ke dalam vagina. Organ tersebut bisa jadi rahim, usus atau kandung kemih.

Prolaps organ panggul terjadi ketika kelompok otot dan jaringan yang biasanya menyangga organ panggul, yang disebut dasar panggul, menjadi melemah dan tidak dapat menahan organ di tempatnya dengan kuat.

Sejumlah hal dapat melemahkan dasar panggul, termasuk persalinan, usia, kelebihan berat badan, dan pekerjaan yang membutuhkan angkat berat.

Gejala biasanya dapat ditingkatkan dengan latihan dasar panggul dan perubahan gaya hidup, tetapi kadang-kadang diperlukan perawatan medis.

Terkait

Terkini