Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 27 Mei 2020

Usai Pakai Hand Sanitizer, Wanita Ini Gosok Mata Berujung Meradang

Kornea mata seorang wanita meradang akibat menggosoknya pakai tangan yang baru saja dibersihkan menggunakan hand sanitizer.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi wanita memakai hand sanitizer (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi wanita memakai hand sanitizer (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Ahli kesehatan telah menyarankan semua orang sehat untuk melindungi diri dari wabah virus corona Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan mencuci tangan. Banyak orang pun memilih menyediakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan ketika berpegian. 

Langkah ini sesuai dengan saran ahli kesehatan yang menyarankan selalu mencuci tangan, menjaga kebersihan dan menghindari perkumpulan. Sehingga orang-orang membeli hand sanitizer beralkohol untuk membunuh bakteri dan kuman.

Sayangnya, ketakutan dan kecemasan akan virus corona Covid-19 membuat beberapa orang melakukannya berlebihan. Cara menjaga kebersihan yang berlebihan ini justru menyebabkan masalah kesehatan lain.

Seperti wanita asal Taiwan ini yang kornea matanya nyaris rusak akibat menggosoknya pakai tangan. Padahal ia baru saja menyemprotkan hand sanitizer beralkohol di tangannya.

Menurut China Press yang dilansir oleh World of Buzz, wanita bernama Zhuang mengaku awalnya mengalami mata kering dan memiliki kebiasaan buruk menggosok matanya.

Ilustrasi mata. (Pixabay)
Ilustrasi mata. (Pixabay)

Karena itu, ia tidak sadar menggosok matanya menggunakan tangan yang baru saja memakai hand sanitizer beralkohol. Apalagi tangannya belum kering 100 persen setelah pakai hand sanitizer.

Mulanya, ia tidak merasakan ada masalah pada matanya setelah menggosok pakai tangan. Tetapi, beberapa waktu berlalu ia mulai merasakan seperti kesemutan di matanya.

Zhuang pun segera membilas matanya pakai air bersih. Tetapi, ia masih merasakan sakit di bagian matanya yang digosok pakai tangan.

Ia pun segera bergegas ke rumah sakit untuk memeriksakan matanya. Setelah pemeriksaan, dokter mengatakan kornea matanya meradang.

Beruntungnya, Zhuang segera pergi ke dokter untuk mengatasi masalah matanya. Sehingga kondisi matanya pun perlahan membaik setelah menggunakan krim anti-inflamasi.

Sebelumnya, para ahli medis sudah memeringatkan semua orang agar tidak menyentuh area wajah demi mencegah penularan virus corona Covid-19. Karena, virus bisa masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung dan mata.

Tetapi, bukan berarti Anda bisa menyentuh area wajah setelah menggunakan disinfektan. Karena, disinfektan yang belum menguap atau mengering di tangan bisa menyebabkan peradangan dan alergi.

Terkait

Terkini