cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 19 September 2020

Hindari Pakai Lensa Kontak untuk Cegah Virus Corona Covid-19, Ini Alasannya

Pemakaian lensa kontak justru meningkatkan risiko infeksi virus corona Covid-19, maka gantilah dengan kacamata.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi lensa kontak. (Shutterstock)
Ilustrasi lensa kontak. (Shutterstock)

Himedik.com - Semua orang pasti berusaha mencegah penularan virus corona Covid-19 dengan tidak berpergian hingga menjaga jarak sosial. Tetapi, kedua hal itu ternyata tidak cukup mencegah infeksi virus jika Anda melupakan kebiasaan-kebiasaan kecil yang membahayakan.

Anda disarankan untuk menghindari penggunaan lensa kontak dan menggantinya dengan kacamata demi menghindari infeksi virus corona Covid-19.

NHS telah menyatakan bahwa orang tidak boleh menyentuh wajah, terutama mata, hidung dan mulut untuk menghindari infeksi virus corona Covid-19.

Artinya, orang yang sering menggunakan lensa kontak untuk sehari-hari perlu menghentikan kebiasannya. Karena, cara penggunaan lensa kontak menggunakan tangan bisa meningkatkan risiko infeksi virus corona Covid-19.

"Ganti lensa kontak dengan kacamata untuk mengurangi iritasi dan menghindari Anda menyentuh mata," kata Dr. Sonal Tulsi dari American Academy of Ophthalmology dikutip dari The Sun.

Ilustrasi memakai kacamata. (Unsplash/Aspotolos A)
Ilustrasi memakai kacamata. (Unsplash/Aspotolos A)

Pakai kacamata juga bisa menawarkan perlindungan tambahan bila seseorang mengalami gejala infeksi virus corona Covid-19, seperti bersin dan batuk. Sehingga kacamata bisa melindungi mata terkontaminasi tetesan cairan pernapasan yang keluar.

Tapi, penggunaan kacamata ini hanya memberikan perlindungan terbatas. Jarak sosial dan menghindari kontak sosial lebih efektif dalam mencegah infeksi virus corona Covid-19.

Seorang spesialis pernapasan di China, Wang Guangfa memercayai bahwa dirinya terinfeksi virus corona Covid-19 dari seorang pasien melalui matanya ketika bertugas di klinik kesehatannya.

Saat itu matanya menjadi meradang diikuti gejala lainnya, sebelum akhirnya didiagnosis terinfeksi virus corona Covid-19.

Wang Guangfa mengatakan saat itu ia tidak memakai kacamata pelindung untuk menghindari penularan virus corona Covid-19 melalui mata.

Sementara, para ahli lainnya justru mengatakan bahwa penularan virus corona Covid-19 melalui mata cukup rendah.

Salah satu cara yang paling efektif untuk menghindari infeksi virus corona Covid-19 adalah cuci tangan pakai sabun dan air secara teratur atau pakai hand sanitizer.

Terkait

Terkini