cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Vera Wang Awet Muda di Usia 70 Tahun, Faktor Genetik Mungkin Rahasianya

Bagi beberapa wanita, faktor genetik berkontribusi untuk membuat mereka nampak awet muda.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Vera Wang. (Instagram/@verawang)
Vera Wang. (Instagram/@verawang)

Himedik.com - Desainer Vera Wang belakangan menggemparkan media sosial lewat potret diri yang ia unggah di Instagra. Warganet dibuat takjub dengan penampilannya yang awet muda, sebab wanita berusia 70 tahun itu masih terlihat seperti usia 20-an! 

Dalam berbagai pose, wanita kelahiran 27 Juni 1949 di New York, Amerika Serikat ini masih terlihat awet muda dan kencang, terlebih di bagian perut dan kaki.

"Saya ingin punya perut seperti Anda! Apa rahasianya?" tanya seorang penggemar Wang di kolom komentar.

"Kerja, tidur, dan cocktail vodka, dan tak terlalu banyak matahari," balas Wang menyebutkan rahasianya.

Banyak juga warganet yang menganggap Vera Wang memang awet muda sejak lahir, alias faktor genetik

Kembali merujuk pada sebuh penelitian di tahun 2015, faktor genetik memang terbukti memiliki kontribusi besar pada penampilan awet muda seseorang. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Olay bersama dengan Universitas Harvard menemukan bahwa 20 persen wanita Afrika-Amerika dan 10 persen wanita kulit putih memiliki genetika yang membuat mereka terlihat lebih muda daripada kita semua.

Rahasia awet muda Vera Wang. (Dok. Instagram)
Rahasia awet muda Vera Wang. (Dok. Instagram)

Dilansir dari Refinery29, ilmuwan utama Olay, Frauke Neuser, PhD, mempelajari lebih lanjut tentang temuan itu. Studi Multi-Dekade dan Etnis (MDE) meneliti kulit wajah dari 350 wanita dengan latar belakang Kaukasia, Afrika-Amerika, Asia, dan Hispanik mulai dari usia 20-an ke 70-an.

Panel peserta penelitian mengevaluasi kulit setiap wanita dan berspekulasi tentang usianya berdasarkan penampilan. Sebagian besar wanita jatuh sesuai dengan usia mereka yang sebenarnya, tetapi beberapa terlihat jauh lebih muda.

"Wanita-wanita ini memiliki kulit yang tampaknya menentang aturan penuaan," kata Dr. Neuser. "Mereka terlihat 'awet muda' dibandingkan dengan wanita lain pada usia yang sama, tanpa harus menjalani prosedur kosmetik."

Kita semua memiliki gen yang membantu merawat kulit kita dan membuatnya tampak kenyal dan segar. Bagi sebagian besar wanita, gen-gen ini menjadi kurang aktif seiring bertambahnya usia mereka, tetapi untuk penuaan kulit yang luar biasa, mereka terus bekerja lebih baik dan lebih lama.

Vera Wang pakai high heels di rumah. (Instagram/@verawang)
Vera Wang pakai high heels di rumah. (Instagram/@verawang)

"Para peneliti Olay menemukan sidik jari ekspresi gen unik sekitar 2.000 gen, banyak di antaranya saling terkait dan terhubung," jelas Dr. Neuser.

Gen tersebut bertanggung jawab untuk jalur biologis seperti produksi antioksidan alami, pembentukan penghalang kulit, atau metabolisme energi sel.

"Kita semua memiliki gen-gen itu, tetapi sementara pada wanita rata-rata mereka melambat dan menjadi kurang aktif seiring bertambahnya usia, pada umumnya kulit lebih tua mereka mempertahankan tingkat aktivitas yang lebih tinggi," tambahnya.

"Dan kita tahu bahwa aktivitas dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, genetika, lingkungan, gaya hidup, nutrisi, kebiasaan perawatan kulit - memainkan peran terbesar," jelasnya lagi.

Dengan demikian, jangan kaget kalau salah satu rahasia awet muda Vera Wang sudah ia miliki sejak lahir, faktor genetik memang dapat membuat beberapa wanita terlihat awet muda!

Terkait

Terkini