cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Kamis, 16 Juli 2020

Baru 2 Minggu Sembuh, Wanita Ini Kembali Terinfeksi Virus Corona Covid-19!

Seorang wanita terinfeksi virus corona Covid-19 dua kali dalam jarak 2 minggu setelah sembuh melawan serangan virus pertama.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pasien menggunakan alat bantu pernapasan. (Shutterstock)
Ilustrasi pasien menggunakan alat bantu pernapasan. (Shutterstock)

Himedik.com - Banyak pasien sembuh dari virus corona Covid-19 justru terinfeksi kedua kalinya di berbagai daerah. Salah satunya, Janice Brown (66) pasien positif virus corona Covid-19 pertama di Desert Valley Hospital, California pada akhir Maret 2020.

Kini, Janice Brown juga orang pertama yang terinfeksi virus corona Covid-19 kedua kalinya setelah beberapa minggu sembuh dari serangan virus pertama.

Brown sempat berpikir bahwa perjuangannya melawan virus corona Covid-19 sudah berakhir. Bahkan semua orang sudah mengira dirinya sembuh total dari virus corona Covid-19.

"Saya pikir ini semua sudah berakhir dan semua orang juga mengira demikian," kata Brown dikutip dari Newsmax.

Mulanya, Brown menjalani perawatan medis untuk melawan virus corona Covid-19 selama 4 minggu di rumah sakit. Saat itu Brown belum mengira dirinya terinfeksi virus corona Covid-19.

Brown mengira semua gejala yang dialaminya merupakan masalah gastritis, bukan virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]

Setelah 4 minggu rawat inap, Brown akhirnya diizinkan pulang dari rumah sakit dengan kondisi yang terlihat membaik.

Tetapi, Brown justru kembali lagi ke rumah sakit setelah 2 minggu, ketika tekanan darahnya turun dan suhu tubuhnya meningkat. Hasil tes medis menunjukkan positif virus corona Covid-19 lagi.

Selama 2 minggu sebelum kembali ke rumah sakit kedua kalinya, Brown mengira kondisinya masih dalam masa pemulihan. Setelah beberapa hari, Brown pun dilarikan ke rumah sakit gawat darurat.

"Brown adalah pasien pertama yang kembali lagi ke rumah sakit setelah dites positif lagi. Apakah itu infeksi ulang atau infeksi yang sama? kami belum mengetahuinya," kata Dr Imran Siddiqui.

Setelah menjalani perawatan medis, akhirnya Brown diizinkan pulang dari rumah sakit untuk kedua kalinya pada minggu lalu.

Sebelumnya, sebagian besar ilmuwan mengatakan orang yang memiliki virus corona Covid-19 dan berhasil sembuh disebut sudah memiliki kekebalan. Tetapi, belum ada ahli yang memastikan hal tersebut.

Terkait

Terkini