Wanita

Feby Febiola Idap Kista Ovarium, Semua Wanita Perlu Waspadai Ciri-cirinya!

Feby Febiola menderiita kista ovarium yang gejalanya perlu diwaspadai semua wanita, khususnya yang masih mengalami menstruasi.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Feby Febiola idap kista ovarium [Yuliani/Suara.com]
Feby Febiola idap kista ovarium [Yuliani/Suara.com]

Himedik.com - Artis cantik Feby Febiola sekarang ini sedang mengidap kista ovarium. Ia mengabarkan kondisinya melalui Instagram sembari mengunggah fotonya memakai pakaian rumah sakit.

''Di saat semua selfie pake face app, aku selfie pake baju Rumah Sakit. Siap-siap buat operasi Kista Ovarium besok..doakan ya supaya semua lancar,'' tulis Feby Febiola dalam unggahan Instagramnya.

Kista ovarium seperti yang diderita oleh Feby Febola adalah masalah kesehatan yang umum terjadi pada wanita. Semua wanita berisiko memiliki kista ovarium, terutama yang masih mengalami menstruasi.

Umumnya dilansir dari Hello Sehat, kista ovarium bukanlah suatu penyakit berbahaya dan bisa hilang sendiri tanpa pengobatan medis. Tapi, wanita perlu mewaspadainya bila kista tidak hilang dan terus berkembang besar hingga pecah.

Apalagi kista ovarium seringkali tidak menimbulkan gejala umum. Namun, kista ovarium yang membesar dan pecah mungkin akan menimbulkan ketidaknyamanan, seperti:

Feby Febiola bersiap jalani operasi kista ovarium [Instagram/febyfebiola_]
Feby Febiola bersiap jalani operasi kista ovarium [Instagram/febyfebiola_]

1. Nyeri perut bagian bawah yang bisa datang dan pergi
2. Nyeri panggul sebelum dan sesudah menstruasi
3. Menstruasi tidak teratur
4. Rasa sakit dan ketidaknyamanan di bagian bawah perut saat berhubungan seksual
5. Perut terasa tertekan dan kembung
6. Lebih sering buang air kecil karena kista menekan kandung kemih
7. Nyeri pada payudara, mual dan muntah seperti orang hamil

Bila Anda sering merasakan gejala mirip kista ovarium di atas, segera periksakan diri ke dokter. Karena, kista ovarium terkadang juga membutuhkan perhatian darurat.

Berita Terkait

Berita Terkini