cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Studi: Aktif Instagram Sering Membuat Perempuan Tak Puas pada Tubuhnya

Banyak peneliti berpendapat bahwa ada kerugian psikologis untuk penggunaan media sosial, terutama untuk perempuan muda.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi stres melihat media sosial (pixabay)
Ilustrasi stres melihat media sosial (pixabay)

Himedik.com - Sebuah studi menemukan, bahwa perempuan yang menggunakan Instagram cenderung lebih sering membandingkan diri dan tidak puas dengan tubuhnya.

Dilansir dari Psychology Today, sebuah studi baru dari laboratorium Universitas Northwestern, Body and Media Lab membandingkan hasil penggunaan tujuh menit Instagram dengan tujuh menit Facebook.

Dibandingkan dengan Facebook, perempuan muda yang menggunakan Instagram lebih memikirkan penampilan mereka, lebih membandingkan penampilan mereka dengan orang lain, merasa lebih buruk, dan melaporkan lebih banyak suasana hati yang negatif.

Sebuah laporan tahun 2019 menemukan bahwa lebih dari 3 miliar orang secara aktif menggunakan media sosial, hampir setengah dari populasi dunia.

Berbagai jenis penggunaan media sosial kemungkinan memiliki hasil psikologis yang berbeda. Penggunaan media sosial yang berfokus pada penampilan seperti memposting, mengedit, dan mengomentari foto mungkin lebih buruk untuk citra tubuh perempuan daripada jenis media sosial lainnya.

"Instagram, sebagai platform yang berfokus pada foto dan video, mungkin sangat bermasalah ketika menyangkut bagaimana perasaan perempuan muda tentang penampilan mereka,"  kata Renee Engeln, Ph.D., professor psikologi di Universitas Northwestern pada Psychology Today.

Ilustrasi Instagram

"Dalam studi baru ini, kami secara acak menugaskan lebih dari 30 perempuan di perguruan tinggi ke salah satu dari tiga kondisi eksperimental. Untuk berada dalam penelitian, mereka harus mengidentifikasi sebagai pengguna aktif baik Facebook dan Instagram. Dalam setiap kondisi, para wanita menghabiskan tujuh menit menggunakan iPad yang disediakan oleh para peneliti," tambahnya.

Para perempuan dalam penelitian ini menggunakan iPad untuk melengkapi ukuran suasana hati dan citra tubuh baik sebelum maupun setelah aktivitas tujuh menit mereka menggunakan media sosial.

Bagi perempuan yang menggunakan Facebook, kepuasan terhadap tubuh relatif stabil. Tetapi bagi yang ditugaskan untuk menghabiskan tujuh menit di akun Instagram mereka, kepuasan tubuh menurun secara signifikan.

"Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa jika Anda menghabiskan waktu media sosial Anda melihat gambar orang lain, mungkin sulit untuk menghindari membandingkan penampilan Anda dengan orang lain," tulis Engeln.

"Fokus pada penampilan ini mungkin menjadi alasan mengapa perempuan dalam penelitian ini yang menggunakan Instagram hanya beberapa menit akhirnya merasa lebih buruk tentang penampilan mereka dan suasana hati yang lebih negatif," imbuhnya.

Terkait

Terkini