cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Kenali Tanda Hipertiroid, Gangguan Tiroid yang Pernah Dialami Jedar

Jessica Iskandar ternyata memiliki riwayat penyakit hipertiroid. Seperti apa tandanya?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Jessica Iskandar (Instagram/inijedar)
Jessica Iskandar (Instagram/inijedar)

Himedik.com - Seorang dokter ahli jantung mendiagnosis Jessica Iskandar memiliki riwayat hipertiroid. Kini perempuan yang akrab disapa Jedar ini sedang mengalami gangguan tiroid, membuat lehernya membengkak, jantung berdebar dan sulit tidur.

Gejala itulah yang membuatnya memeriksakan diri ke ahli jantung untuk mengetahui kondisi jantungnya.

"Kalau saya lihat ini riwayatnya tinggi ya, hipertiroid ya," jelas sang dokter ketika memeriksa riwayat kesehatan Jessica Iskandar.

Hipertiroid merupakan kondisi ketika tiroid, kelenjar berbentuk kupu-kupu di bagian bawah leher, tepat di atas tulang selangka, menghasilkan terlalu banyak hormon tiroksin.

Tiroid bertugas mengontrol hal-hal seperti seberapa cepat jantung berdetak dan seberapa cepat tubuh membakar kalori. Ini melepaskan hormon untuk mengontrol metabolisme tubuh.

Jessica Iskandar. [Instagram/@inijedar]
Jessica Iskandar. [Instagram/@inijedar]

Dilansir WebMD, hipertiroid juga dikenal sebagai tiroid yang terlalu aktif, dapat mempercepat metabolisme dan menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan. Gejala hipertiroid meliputi:

 

Kanker tiroid bisa diobati dengan terapi nuklir. (Shutterstock)
Ilustrasi gangguan tiroid (Shutterstock)

Jika penderitanya sudah tua, mereka cenderung mengalami gejala lebih halus, seperti detak jantung yang lebih cepat atau lebih sensitif terhadap suhu yang hangat. Umumnya, mereka juga lebih lelah setelah beraktivitas.

Ketika seseorang pertama kali mengalami hipertiroid, mereka kemungkinan akan merasa energik. Namun, seiring waktu, peningkatan metabolisme ini dapat melemahkan tubuh dan membuat mereka mudah lelah.

Biasanya kondisi ini berkembang secara perlahan. Apabila penderitanya masih muda, gejala yang muncul seringnya tiba-tiba.

Terkait

Terkini