cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Selasa, 22 September 2020

6 Hal Soal Vagina yang Perlu Diketahui Wanita, Apa Saja?

Adalah normal bagi vagina untuk memiliki bau tertentu.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Miss V - (Shutetrstock)
Ilustrasi Miss V - (Shutetrstock)

Himedik.com - Organ intim wanita, yakni vagina merupakan area yang perlu mendapat perhatian ekstra. Sebab, vagina bisa menjadi sarang bakteri dan sumber penyakit. Lewat satu penelitian terungkap bahwa 41 persen perempuan tidak pernah memeriksa vaginanya sendiri.

Selain itu, ada banyak sekali mitos keliru terkait vagina. Hanya saja, jarang sekali isu tersebut dibawa kepermukaan dan dibicarakan bahkan oleh sesama wanita.

Dilansir dari Shethepeople, berikut adalah enam hal tentang vagina yang harus kalian ketahui.

1. Vagina bukan seperti yang Anda pikirkan
Ketika berbicara tentang vagina, Anda mungkin akan langsung merujuk ke alat kelamin wanita, Anda salah. Ketika berbicara tentang organ reproduksi, penting untuk mengetahui terminologi yang benar, dan tidak hanya menggunakan eufemisme. Kata vagina sebenarnya mengacu pada bagian spesifik dari sistem reproduksi wanita. Vagina adalah saluran muskular yang menghubungkan serviks dengan alat kelamin wanita eksternal (yang meliputi labia dan klitoris).

Cara alami mengencangkan vagina agar kembali perawan (Suara.com/Shutterstock)
Cara alami mengencangkan vagina agar kembali perawan (Suara.com/Shutterstock)

 

2. Vagina membersihkan dirinya sendiri
Vagina ternyata mampu membersihkan sendiri sendiri. Vagina diketahui mengandung pasukan bakteri khusus yang berjuang untuk menjaga pH atauntingkat keasaman tetap optimal. Selain itu, ada kelenjar di vagina yang mengeluarkan cairan untuk menjaga vagina tetap bersih. Itu juga mengapa perempuan baiknya menghindari penggunaan sabun wangi dan produk wangi lainnya untuk membersihkan vagina.

3. Jangan ragu pakai tampon, tidak akan hilang!
Yakinlah, tidak mungkin tampon hilang begitu saja di vagina. Bukaan di bagian atas vagina terlalu kecil untuk bisa dilewati tampon. Selain itu, di ujung dalam vagina juga terdapat leher rahim, yang tetap tertutup kecuali saat melahirkan. Jadi, vagina tidak dapat benar-benar 'menelan' apa pun secara tidak sengaja. Namun, ada kemungkinan tampon tersangkut. Dalam hal ini, Anda perlu pergi ke dokter untuk mencabutnya.

Terkait

Terkini