cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 27 September 2020

Dialami Jessica Iskandar, Begini Pengaruh Penyakit Graves pada Tubuh

Jessica Iskandar menderita penyakit Graves yang membuat lehernya membengkak akibat tiroid.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Jessica Iskandar (Instagram/inijedar)
Jessica Iskandar (Instagram/inijedar)

Himedik.com - Beberapa waktu lalu, aktris Jessica Iskandar kembali menemui dokter untuk mengetahui penyakit yang menyebabkan lehernya membengkak. Setelah melalui pemeriksaan USG leher dan tes darah, dokter menyatakan bahwa Jessica Iskandar menderita penyakit Graves.

Penyakit itulah yang akhirnya memengaruhi tiroid dan kondisi lainnya. "Kemarin dikasih tau dokter bahwa sudah dipastikan sakit yang aku alami saat ini graves disease autoimun," kata Jessica Iskandar di channel YouTube-nya, dikutip Minggu (26/7/2020).

Penyakit Graves adalah kelainan autoimun yang menyebabkan hipertiroidisme atau tiroid yang terlalu aktif. Karena penyakit ini, sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid dan menyebabkan lebih banyak hormon tiroid daripada yang dibutuhkan tubuh.

Sementara, tiroid adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu di bagian leher. Hormon tiroid ini berfungsi mengendalikan tubuh dalam menggunakan energi, termasuk cara kerja jantung.

Jessica Iskanndar (Instagram @inijedar)
Jessica Iskanndar (Instagram @inijedar)

Jika tak diobati, hipertiroidisme bisa menyebabkan masalah serius pada jantung, tulang, otot, siklus menstruasi dan kesuburan.

Selama kehamilan, hipertiroidisme yang tak diobati juga bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi ibu dan bayi. Bahkan penyakit Graves bisa memengaruhi bagian mata dan kulit Anda.

Berikut ini dilansir dari NIH, beberapa masalah kesehatan serius yang dipicu oleh penyakit Graves.

1. Detak jantung tidak teratur yang bisa menyebabkan pembekuan darah, stroke, gagal jantung dan masalah terkait jantung lainnya.

2. Penaykit mata yang disebut ophthalmopathy Graves atau Graves' orbitopathy (GO) bisa menyebabkan penglihatan ganda, sensitivitas cahaya, mata sakit dan hilangnya penglihatan meskipun jarang terjadi.

3. Tulang menipis dan osteoporosis.

Karena itu, dokter biasanya merekomendasikan orang yang menderita penyakit Graves untuk mengonsumsi obat, terapi radiodine atau operasi tiroid bila cara lainnya tidak ampuh.

Selain itu, orang dengan penyakit Graves mungkin lebih peka terhadap efek samping berbahaya dari yodium. Sehingga mengonsumsi makanan yang mengandung yodium dalam jumlah banyak, seperti rumput laut dan lainnya bisa memperburuk hipertiroidisme.

Maka, bicaralah dengan ahli kesehatan untuk menentukan makanan yang harus Anda batasi dan hindari agar tidak memperburuk kondisi.

Terkait

Terkini