cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Makan Timun Bisa Bikin Keputihan Keluar Banyak? Berikut Faktanya!

Begini penjelasan apakah makan timun sebabkan keputihan atau tidak.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi timun (pixabay/stevepb)
Ilustrasi timun (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Hampir semua perempuan tentu pernah mendengar mitos makan timun dapat menyebabkan keputihan berlebih. Benarkah demikian?

Sebenarnya, keputihan pasti akan dialami semua perempuan. Ini adalah kondisi alami tubuh untuk membersihkan dan melindungi vagina dari iritasi serta infeksi.

Jumlah cairan dan jenis keputihan yang dikeluarkan pun bervariasi pada masing-masing perempuan dan dengan siklus menstruasi mereka.

Keputihan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun, hingga kini belum ada studi yang membuktikan makan timun dapat menyebabkan keputihan pada wanita.

Menurut Hello Sehat, kondisi ini juga tidak disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Jadi, pendapat makan timun dapat menyebabkan keputihan itu kurang tepat.

Ilustrasi tren memutihkan vagina. (Shutterstock)
Ilustrasi keputihan pada wanita. (Shutterstock)

Berdasarkan laman NHS UK, keputihan tidak perlu dikhawatirkan apabila teksturnya tebal dan lengket, licin dan basah, putih atau bening, dan tidak memiliki bau yang kuat atau tidak enak.

Sayangnya, keputihan tidak dapat dicegah. Kita hanya dapat mencegah iritasi, pegal, atau kering dengan mencuci bersih vagina dengan sabun biasa.

Konsultasikan dengan dokter apabila Anda mengalami:

Terkait

Terkini