cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 19 September 2020

Tidak Hanya Nutrisi, Ibu akan Menyalurkan Antibodi pada Anak Melalui ASI

Antibodi ini dapat melindungi anak dalam jangka panjang.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Ilsutrasi menyusui bayi - (Shutterstock)
Ilsutrasi menyusui bayi - (Shutterstock)

Himedik.com - ASI mengandung banyak manfaat bagi perkembangan dan kesehatan anak. Bahkan, efeknya akan melindungi dalam jangka panjang.

Berdasarkan Healthy Children, ASI mengandung semua nutrisi yang diperlukan sang bayi. Mulai dari protein, gula, hingga lemak.

Tak hanya itu, ASI juga memiliki zat yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh sang anak, termasuk antibodi, faktor kekebalan, enzim, dan sel darah putih. Semua itu melindungi bayi dari berbagai macam penyakit dan infeksi.

Misalnya, ketika sang ibu terserang flu saat menyusui, virus kemungkinan akan ditularkan ke bayi. Tetapi antibodi yang diproduksi tubuh sang ibu untuk melawan flu itu juga akan disalurkan melalui ASI.

Antibodi ini akan membantu bayi menaklukkan virus secara cepat dan efektif yang dapat mencegahnya sakit di masa depan.

Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)

Sebuah penelitian pada tikus yang terbit dalam Science Advances, dilansir Medical Xpress, menemukan penyaluran antibodi atau sistem kekebalan ini bersifat jangka panjang.

"Transfer kekebalan dari ibu ke bayi melalui menyusui adalah sumber perlindungan yang sangat penting dari infeksi awal kehidupan," kata William Horsnell dari Institut Mikrobiologi dan Infeksi Universitas Birmingham.

Ia menambahkan, paparan infeksi sebelum kehamilan dapat membuat sang ibu mentransfer antibodinya, yang bermanfaat untuk kehidupan sang anak di masa depan.

"Ini luar biasa dan menambah dimensi baru pada pemahaman kita tentang bagaimana seorang ibu dapat memengaruhi kesehatan kita," sambungnya.

Terkait

Terkini