cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 19 September 2020

Amankah Masturbasi saat Menstruasi? Cek Dulu Penjelasannya

Masturbasi sendiri secara umum dinilai sangat aman dan bermanfaat.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi wanita sedang horny atau terangsang. (Unsplash)
Ilustrasi wanita sedang horny atau terangsang. (Unsplash)

Himedik.com - Selain pria, wanita juga bisa melakukan aktivitas masturbasi. Namun demikian, masih banyak mitos terkait masturbasi seperti dapat menyebabkan penyakit, menghambat pertumbuhan, menyebabkan masalah mental hingga susah punya anak.

Tapi benarkah hal tersebut? Dilansir dari Lybrate, masturbasi dinilai sangat aman dan bermanfaat, bahkan jika dilakukan selama menstruasi sekalipun.

Masturbasi disebutmembantu meredakan kram yang menyakitkan selama menstruasi. Selain itu, tidak ada bukti yang terkait dengan konsep bahwa masturbasi selama menstruasi tidak aman.

Jika khawatir akan berdarah pada saat masturbasi, hal itu dinilai sangat jarang terjadi.

Selama masturbasi, leher rahim, vagina, dan rahim mengalami peningkatan aliran darah. Jadi, jika Anda menggunakan mainan seks yang mungkin terlalu keras atau jika Anda melakukan penetrasi yang lebih dalam dengan kuku yang tajam atau bergerigi, dalam beberapa kasus hal itu dapat menyebabkan sedikit pendarahan.

Ilustrasi masturbasi. (Shutterstock)
Ilustrasi masturbasi. (Shutterstock)

 

Dalam semua kasus, sentuhan yang lebih lembut mungkin sangat membantu dalam menghindari pendarahan. Hingga saat ini juga masih belum jelas apakah masturbasi akan mempengaruhi sikulus mentruasi yang akan datang.

Selain itu, masturbasi juga tidak berpengaruh pada waktu menstruasi. Jika ada ketidakteraturan, maka kemungkinan karena ketidakseimbangan hormon.

Sebagai informasi, saat Anda melakukan masturbasi hingga orgasme, ia melepaskan hormon seperti oksitosin dan serotonin yang dapat memiliki sejumlah manfaat termasuk mengurangi stres, tidur lebih nyenyak, dan pereda nyeri.

Perempuan mencapai klimaks lebih cepat dan mudah selama masturbasi dibandingkan seks, tetapi masturbasi juga dapat menyebabkan lebih banyak orgasme wanita saat berhubungan seks.

(Suara.com/Bimo Aria Fundrika)

Terkait

Terkini