Wanita

Wanita Perlu Buang Celana Dalam Setiap 6-12 Bulan Sekali, Ini Saran Ahli!

Ahli menyarankan semua wanita untuk mengganti celana dalam yang lama dengan yang baru setiap 6-12 bulan sekali.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi celana dalam (Freepik)
Ilustrasi celana dalam (Freepik)

Himedik.com - Celana dalam yang sudah lama dipakai memang terasa nyaman, sehingga banyak wanita mungkin tidak membuangnya untuk dipakai sehari-hari. Meskipun celana dalam  yang  lama itu warnanya sudah luntur atau berlubang kecil akibat dicuci berkali-kali.

Tetapi, ahli kebersihan menyarankan semua wanita mempertimbangkan untuk membuang celana dalam bila sudah terlalu lama. Setidaknya, mereka harus membuangnya setelah 6 hingga 12 bulan pemakaian.

Dr Shirin Lakhani, spesialis kesehatan intim menjelaskan bakteri akan tetap hidup di celana dalam meskipun sudah dicuci menggunakan mesin cuci.

"Pakaian dalam Anda bersentuhan langsung dengan kulit, khususnya area intim untuk jangka waktu lama," ujar Shirin Lakhani dikutip dari Mirror UK.

Ilustrasi celana dalam. (Shutterstock)
Ilustrasi celana dalam. (Shutterstock)

Karena pakaian dalam bersentuhan langsung dengan kulit mati itulah yang menjadi penyebab banyaknya bakteri. Baik bakteri alami, bakteri sehat maupun bakteri jahat yang disebabkan oleh infeksi, seperti IMS.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mencuci pakaian dalam menggunakan mesin cuci tidak akan selalu menghilangkan sepenuhnya bakteri jahat, seperti E.coli.

Ahli itu pun menyarankan untuk membuang celana dalam lama dan selalu membeli yang baru setidaknya setahun sekali. Khusus pakaian dalam yang digunakan untuk aktivitas seperti olahraga di gym, ahli menyarankan untuk lebih sering membuang pakaian dalam tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini