cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Selasa, 22 September 2020

Pahami 4 Macam Jenis PMS, Mana Tipe Anda?

Kondisi PMS bisa ditandai dengan berbagai gejala yang digolongkan menjadi empat tipe.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
PMS/unsplash
PMS/unsplash

Himedik.com - Sindrom pramenstruasi (PMS) memang umum terjadi, setidaknya 3 dari setiap 4 wanita yang sedang menstruasi pernah mengalami beberapa bentuk sindrom pramenstruasi.

Melansir dari Mayo Clinic, PMS memiliki berbagai macam tanda dan gejala, termasuk perubahan suasana hati, payudara terasa lembut, ngidam makanan, kelelahan, mudah marah, dan depresi. 

Kondisi ini juga membaik segera setelah menstruasi dimulai.

Menurut laman Annex Naturopathic Clinic, ada empat tipe PMS yang sering kali terjadi pada perempuan, antara lain: 

PMS-A (Kecemasan)

Gejala utama tipe PMS ini adalah merasa kewalahan, lebih sensitif dari biasanya terutama terhadap penolakan atau kritik, serta perasaan gelisah atau mudah tersinggung

Pahami 4 Macam Jenis PMS, Mana Tipe Anda? - 1

Hal ini dipicu oleh ketidakseimbangan hormon yakni kelebihan estrogen, serotonin yang rendah, kelelahan adrenal, dan disregulasi kortisol.

PMS-D (Depresi)

Pada tipe PMS-D, gejala utama ditandai dengan suasana hati buruk, lesu, tidak bergairah, mudah marah, dan linglung. Kondisi ini disebabkan karena tiroid kurang aktif dan serotonin rendah.

PMS-H (Hidrasi / Retensi Air)

Gejala utama yang muncul pada tipe PMS-H adalah perut kembung, payudara nyeri atau bengkak, dan berat badan bertambah lebih dari 3 pon (kurang lebih 1,5 kg).

PMS-H didasari pada kelebihan estrogen, peningkatan stres yang menyebabkan kelenjar adrenal mengeluarkan kelebihan hormon stres kortisol dan aldosteron yang menyebabkan retensi garam dan air.

PMS-C (Ngidam Makanan)

Ilustrasi makan. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi makan. (Pixabay/Pexels)

Banyak perempuan PMS yang mengeluh punya nafsu makan tinggi, kelelahan, dan sakit kepala saat PMS. Kondisi ini disebut dengan PMS-C.

Penyebab PMS-C adalah karena serotonin rendah serta kelelahan adrenal yang menyebabkan kadar kortisol rendah dan menyebabkan keinginan makan dengan kandungan gula.

Mayo Clinic menyarankan untuk segera konsulasi ke dokter saat gejala PMS memengaruhi kesehatan dan aktivitas sehari-hari.

Terkait

Terkini