cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Turunkan Berat Badan dengan Menyusui, Ini Manfaat Positifnya!

Seorang ibu bisa menurunkan berat badannya secara alami dengan menyusui bayinya.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilsutrasi menyusui bayi - (Shutterstock)
Ilsutrasi menyusui bayi - (Shutterstock)

Himedik.com - Air susu ibu (ASI) adalah hadian terindah yang bisa diberikan ibu pada anak ketika lahir ke dunia. Karena, menyusui memberikan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Di sisi lain, menyusui juga bisa membantu para ibu menurunkan berat badan setelah melahirkan. Cara ini bisa menjadi jalan keluar bagi ibu yang cemas dengan berat badannya usai persalinan.

Saat menyusui, dilansir dari Express, tubuh Anda menggunakan sel lemak yang disimpan dalam tubuh selama kehamilan untuk menghasilkan susu.

Proses menyusui membantu membakar sekitar 500-700 kalori per hari. Pembakaran kalori tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis kalori yang Anda konsumsi dan jumlah aktivitas fisik yang Anda lakukan.

Sebab, kebanyakan wanita menghindari makan cepat saji dan mengonsumsi banyak sayur serta buah saat menyusui. Hal itulah yang membuat mereka lebih cepat menurunkan berat badan selama menyusui.

Ilustrasi ibu menyusui. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu menyusui. (Shutterstock)

Sebuah penelitian kecil terhadap 24 wanita dalam Journal of Holistic Nursing menemukan bahwa sekitar setengah wanita menyatakan menyusui membantu mereka menurunkan berat badan pascapartum.

Dalam sebuah penelitian dalam Journal HHS Public Access, penelitian yang dilakukan di antara wanita Amerika menemukan bahwa menyusui selama 3 bulan memiliki efek positif pada penurunan berat badan pasca melahirkan.

Dalam studi lain di jurnal The American Journal of Clinical Nutrition, ditemukan bahwa menyusui berkaitan dengan penurunan berat badan pascapartum.

Wanita yang menyusui 6 persen lebih mungkin untuk kembali atau turun di bawah berat badan sebelum kehamilan dibandingkan wanita yang memberikan susu formula pada bayinya.

Tak hanya itu, wanita yang menyusui selama 16 bulan memiliki presentase lemak tubuh yang lebih rendah secara keseluruhan selama 5 tahun setelah melahirkan.

Sementara, bagi kebanyakan wanita, penurunan berat badan yang besar terjadi tepat setelah melahirkan. Setelah itu, wanita cenderung kehilangan sekitar 1 kilo sebulan secara alami.

Karena itu, wanita yang baru saja melahirkan membutuhkan waktu sekitar 9-12 bulan untuk menurunkan berat badan.

Pilihan diet yang cerdas dan aktif secara fisik juga memainkan peran utama dalam menurunkan berat badan setelah kehamilan. Meski begitu, tak setiap tubuh wanita ibu sama dan tidak semua bisa menurunkan berat badan dengan cara menyusui.

Terkait

Terkini